Margosari - Resep Nugget Sehat Ala Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 14 Desa Margosari

Resep Nugget Sehat Ala Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 14 Desa Margosari

Margosari, Patebon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-15 posko 14, Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN) Semarang, sukses mengadakan pelatihan memasak dengan menu utama Nugget Sehat, Minggu (29/01/23).

Pelatihan ini dipandu oleh Tim KKN dari UIN Walisongo langsung, bekerja sama dengan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Dusun Suropadan, Desa Margosari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal.

Menu Nugget ini menambahkan kata 'sehat' lantaran pemilihan bahan utama yang bukan daging saja, namun diikuti dengan beberapa jenis sayuran. Dalam Pelatihan ini Tim KKN menggandeng Wortel dan Kembang kol sebagai olahan sehat dari Nugget.

Berikut cara membuat Nugget Sehat ala mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang!

Pertama, siapkan beberapa alat yang akan diperlukan dalam proses memasak Nugget sehat ini. Diantaranya ada pisau, blender, panci kukus, loyang, parutan, dan baskom.

Untuk bahan nugget ini terdiri dari bahan adonan dan bahan pencelup. Bahan adonan terdiri dari 250 gram daging ayam, 50 gram kembang kol, 50 gram wortel, dan satu butir telur.

Kemudian, siapkan satu sendok makan bawang goreng, separuh bawang bombai, 5 siung bawang putih, 3 sendok makan tepung terigu dan tapioka dengan jumlah yang sama. Tidak lupa, Gula pasir dan kaldu jamur dengan takaran setengah sendok teh. Kemudian satu sendok teh garam, dan minyak goreng.

Untuk bahan pencelup siapkan 250 gram tepung panir, dan sebutir telur lagi.

Kedua, proses pembuatan adonan. Dimulai dengan menghaluskan bawang putih turut garam, gula dan kaldu jamur. Kemudian parut wortel dan kembang kol. Selanjutnya, blender daging ayam dan masukkan daging ayam yang telah halus ke dalam baskom.

Masukkan bumbu tadi beserta satu butir telur, dan bawang goreng ke dalam olahan ayam. Setelah tercampur menjadi satu, masukkan wortel dan kembang kol yang telah diparut tadi. Dan aduk sebentar hingga tercampur merata menjadi adonan.

Kemudian, masukkan tepung terigu dan tapioka ke dalam baskom adonan tadi dan aduk hingga tercampur merata.

Adonan telah siap, dan masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak goreng, supaya tidak lengket.

Selanjutnya didihkan air menggunakan panci kukus dan masukkan loyang yang telah berisikan adonan nugget tadi. Lantas, kukus selama 30 menit sampai adonan mengeras.

Lantas angkat dan keluarkan adonan dari loyang. Kemudian potong adonan nugget sesuai selera.

Ketiga, sesi penyajian. siapkan bahan pencelup berupa telur dan sedikit garam yang diaduk. Kemudian celupkan adonan yang sudah dipotong ke dalam telur dan baluri dengan tepung palir.

Kemudian, goreng adunan yang sudah dibaluri tadi hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Nugget sehat siap disantai, selamat menikmati!

Oleh: Riska Apriliza (Kominfo KKN MIT ke-15 Posko 14 UIN Walisongo Semarang)


Dipost : 30 Januari 2023 | Dilihat : 142

Share :