Margosari - Sukseskan Program Madin, Mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang Posko 14 Ikut Mengabdi di Madrasah Diniyah

Sukseskan Program Madin, Mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang Posko 14 Ikut Mengabdi di Madrasah Diniyah

Di Desa Margosari, Kecamatan Patebon berdiri lembaga pendidikan agama salah satunya adalah MDT Ula NU 04 Al Mubtadiin. Mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang Posko 14 Desa Margosari memberikan kontribusi dalam membantu jalannya pembelajaran dan kegiatan di Madrasah Diniyah. Caranya dengan pembelajaran yang efektif dan meningkatkan semangat santri-santri Madin untuk belajar lebih mendalami ilmu agama islam.

Dalam mendorong progam wajib Madin Mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang mengabdikan dirinya sebagai guru di madin yang berada di Desa Margosari. Sedangkan untuk pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin-Rabu pukul 14.00 - 16.00 WIB.

Dengan kegiatan mengabdi tersebut mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang merasa senang bisa membantu mengajar di madin dan santri-santri merasa senang dan antusias belajar bersama  mahasiswa KKN.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN MIT-15 UIN Walisongo Semarang berinisiatif untuk mengabdi dan mengajar di madin Desa Margosari ini supaya santri-santri tersebut semakin antusias dalam belajar ilmu agama terutama ilmu fiqih.

Kegiatan pembelajaran dimulai dengan membuka pembelajaran dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca do’a sebelum pembelajaran dimulai.  Santri-santri membaca Muhafadhoh atau Nadhoman kelas masing-masing.

Setelah semua santri membaca Muhafadzoh guru melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal yang ada mulai dari dan Nahwu, shorof, Tauhid, Al Qur’an tajwid, fiqih dan lain lain sebagainya.

Lalu Rifki Rahman, Mahasiswa asal Lombok berharap ke depan madin bisa berkembang lebih baik lagi. Para pengajar madin dapat memberikan pengetahuan bukan hanya di sisi agama saja serta memberikan motivasi agar anak-anak bisa lebih giat belajar lagi.

Putri Aulia Azali salah satu mahasiswa KKN asal dari Jepara menambahkan, adanya madin di Desa Margosari ini sangat bermanfaat. Dilihat dari perannya yaitu memperkuat pendidikan agama dan menjadikan peserta didik berakhlak mulia dan berkarakter.

Madin juga bertujuan untuk membangun karakter agar bersikap amanah,jujur dan bertanggung jawab, harapan saya kedepannya nanti supaya Madin di Desa Margosari bisa berkembang lagi dengan baik

 


Dipost : 27 Januari 2023 | Dilihat : 338

Share :