Margosari - Warga RW 02 Desa Margosari Gelar Tasyakuran HUT RI -78

Warga RW 02 Desa Margosari Gelar Tasyakuran HUT RI -78

Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78, warga RW. 02 Desa Margosari Kecamatan Patebon, menggelar malam tirakatan/tasyakuran di jalan Utama/Jl. Ky. Suropadan KM. 02 Margosari. Sabtu(26/8/2023).

Kegiatan malam tirakatan,/ tasyakuran tersebut, dilaksanakan satu minggu setelah tanggal 17 Agustus hari Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan.

Acara tasyakuran tersebut dilaksanakan usai shalat Isya’, para warga RW. 02 Desa Margosari Kecamatan Patebon tersebut bersama – sama hadir dan berkumpul memenuhi disepanjang jalan utama Margosari.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Margosari Ibu Hj. Mahmudah, Ketua RW 02 dan seluruh tokoh masyarakat RW 02.

Dalam kesempatan tersebut, warga RW. 02 Desa Margosari tampak kompak dan guyub berbondong- bondong keluar dari rumahnya masing-masing dengan membawa hidangan masakan dan minuman.

“Ada yang membawa tumpeng, juga ada yang membawa tumpeng nasi putih lengkap dengan lauk pauknya. Dan berbagai macam hidangan masakan tradisional, serta membawa aneka ragam minuman, baik minuman kemasan atau air mineral maupun minuman buatan sendiri” ucap Sukeron Ali Panitia HUT RI 78 RW. 2 Dukuh Suropadan

Acara tasyakuran diawali dengan tawasul, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan di lanjutkan dengan membaca tahlil, dilanjutkan dengan penutup atau doa yang dipimpin oleh Tokoh Agama di RW. 02.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng dari Kepala Desa Margosari kepada ketua RW. 02 dengan disaksikan warga RW. 02 Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba Karnaval tingkat Desa Margosari yakni Juara II yg digelar minggu 20 Agustus 2023 kemarin

Menurut Ali, kegiatan HUT RI ke-78 Tahun ini dilaksanakan. dengan kekompakan dan gotong- royong warga RW. 02 ini cukup solid,” ucap Ali.

“Sifat gotong – royong seperti ini, perlu terus dipelihara sesama warga di RW. 02. Kita harus kompak dan bersatu, tidak boleh ada yang kita beda-bedakan antara satu dengan yang lain”

Sifat saling bantu – membantu perlu kita tingkatkan terus demi menjaga persaudaraan kita dilingkungan RW 02, umumnya Dukuh Suropadan,” jelas Ali.

Sebagai tehnik pelaksanaan HUT ke -78 RI, Ketua Panitia Pelaksana diketuai oleh Ali yang diperbantukan oleh pemuda GANAS (Generasi Anak Suropadan)

Kemudian, dilanjutkan dengan makan bersama.

Tradisi Malam Tirakatan/tasyakuran tersebut, banyak ditemui diwilayah pedesaan/perkampungan maupun hampir di setiap Kecamatan, kita maupun kabupaten di Nusantara yang dilaksanakan pada bulan Agustus usai Magrib / Isya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023. Tradisi malam Tirakatan tersebut merupakan penerapan nilai- nilai gotong royong dan Kerukunan warga.


Dipost : 26 Agustus 2023 | Dilihat : 463

Share :

s